Cara Perpanjang SIM Online

Cara Perpanjang SIM Online. sekarang dengan semakin berkembangnya teknologi informasi di berbagai lini kehidupan memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhannya. saat ini sudah merambah dalam mengurus surat dan administrasi lainnya yang berhubungan dengan kendaraan dan lalu lintas, dimana seseorang harus mempunyai SIM atau kepanjangan dari surat izin mengemudi sebagai bukti bahwa orang tersebut telah di registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan trampil mengemudikan kendaraan bermotor. jika sebelumnya cara memperpanjang sim dilakukan dengan manual maka saat dimudahkan dengan cara memperpanjang sim online.

mohon maaf saat ini tidak sedang membahas tentang sim keliling jakarta, bandung, tangerang, atmajaya, internasional, sity, unhas, simsimi, pkg. begitu juga sekarang tidak menjelaskan mengenai sim sistem informasi manajemen, pt, cara perpanjang paspor atau stnk online. namun yang akan diterangkan pada artikel ini adalah Cara Perpanjang SIM Online yang baru diresmikan pada bulan juli 2015 lalu di beberapa wilayah dan kota yaitu surabaya, malang, magetan dan kebumen. dari pengamatan website, hanya kota tersebut yang menyediakan form cara perpanjangan sim online. sehingga untuk bekasi, bandung, tangerang, semarang, yogyakarta (jogja), bogor, batam, jakarta, depok, gandaria city dan artha gading belum ditemukan web registrasi untuk memperpanjang sim secara online. jika kawan menemukan website kota lain silahkan tulis di kolom komentar.

sebagaimana telah diresmikan sebelumnya pada bulan juli 2015 yang lalu bahwa Cara Perpanjang SIM Online beda kota dapat dilakukan oleh siapa saja dan dari mana saja. jika anda sedang merantau ke kota surabaya misalnya maka anda dapat melakukan perpanjangan sim c online di kota surabaya tanpa harus mengurus di kampung halaman. ini sangat menguntungkan bagi siapa saja yang sibuk dengan tidak perlu bikin sim online di tempat surat izin mengemudi tersebut diterbitkan. tidak hanya untuk sim c saja yang dapat dilakukan perpanjangan tapi juga golongan sim lainnya seperti A, BI, BII, D dan lainnya. jadi jika anda tidak sempat pulang ketika masa berlaku sim hampir habis maka segera lakukan perpanjang sim di tempat anda tinggal dalam rangka mencari rizki atau ilmu.

bagaimana perpanjang sim mati atau telat ? jika anda mengalami masa berlaku sim anda telah habis, sebelum 3 (tiga) bulan sejak surat izin mengemudi mati maka anda dapat melakukan perpanjangan sim dan jika lebih dari 3 bulan maka anda diharuskan mengikuti cara bikin sim c online atau manual di tempat sim anda diterbitkan dulu. jadi anda diharuskan membuat sim baru dengan mengikuti tes teori dan praktek nya. maka kita harus lebih perhatian, jika masa berlaku sim akan habis maka segera mungkin memanfaatkan Cara Perpanjang SIM Online yang dapat dilakukan di kantor polisi terdekat dengan tempat kita berada.

Cara Perpanjang SIM Online

sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa yang akan dibahas pada kesempatan kali ini bukanlah cara membuat sim baru lewat online atau internasional akan tetapi cara perpanjangan sim online 2015 yang berlaku di beberapa kota seperti surabaya, malang, magetan dan kebumen. sekali lagi disini tidak membahas perpanjang sim keliling jakarta, bandung, tangerang, bekasi, bandung, tangerang, semarang, yogyakarta (jogja), bogor, batam, jakarta, depok atau wilayah lainnya. semoga suatu saat nanti seluruh masyarakat segera dapat memanfaatkan fasilitas membuat sim online ini.
Cara Perpanjang SIM Online kebumen
situs satlantas kebumen
Cara Perpanjang SIM Online surabaya
web satlantasrestabes surabaya
Cara Perpanjang SIM Online malang
website satlantas polres malang
Cara Perpanjang SIM Online magetan
laman satlantas polres magetan
Cara Perpanjang SIM Online surabaya silahkan klik web satlantasrestabessby yang menyediakan fasilitas membuat sim baru, perpanjangan, penurunan atau peningkatan golongan, hilang dan rusak. adapun syarat membuat sim baru secara online dengan melengkapi KTP asli + fotocopi, formulir, surat keterangan sehat dari dokter serta kode aktivasi. adapun untuk perpanjangan silahkan bawa KTP asli + fotocopi dan SIM asli + fotocopi serta kode aktivasi. sedangkan untuk satlantas polres malang menyediakan fasilitas perpanjangan sim, hilang dan rusak saja. begitu juga satlantas polres magetan menyediakan fasilitas perpanjangan sim, hilang dan rusak saja. untuk satlantas kebumen hanya menyediakan fasilitas perpanjang sim online saja. perlu perhatian, syarat kelengkapan tiap kota mungkin berbeda silahkan merujuk ke website masing-masing.

Biaya perpanjang SIM online sama dengan tarif memperpanjang sim seperti sebelumnya, tidak ada penambahan ataupun pengurangan. untuk membuat sim C Rp 100.000 dan untuk perpanjangan sim C Rp 75.000. adapun untuk membuat sim A Rp 120.000 dan untuk perpanjangan sim A Rp 80.000. 
Biaya Perpanjang SIM Online
biaya perpanjangan sim - lantas.polresprobolinggo.info
CATATAN : SETELAH ANDA MENGISI DENGAN LENGKAP DAN BENAR, ANDA AKAN MENDAPATKAN NOMOR PIN, YANG NANTINYA AKAN DI TUNJUKKAN KEPADA PETUGAS LOKET SIM UNTUK DICETAK DAN MENDAPATKAN NOMER ANTRIAN.

demikian artikel tentang Cara Perpanjang SIM Online dan baca juga Cara Membuat Kalender dengan Photoshop. selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

153 Responses to "Cara Perpanjang SIM Online"

  1. terimakasih info dan sharing-nya mbaa ^^,.
    tapi saat aku mau bikin SIM, di Bekasi belum tersedia untuk jalur online,
    semoga next sudah bisa yaaa ^^,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya belum ada web fasilitas cara perpanjang sim online bekasi
      semoga segera terwujud
      makasih juga dah mampir ya

      Hapus
  2. Mbak Ilmi,SIM saya habis nanti tgl 22 Desember 2015. Mungkin nanti saya coba perpanjangannya secara online. Kebetulan posisi saya di Surabaya,sudah support SIM online. Terima kasih atas infonya Mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo mas Tri silahkan perpanjang sim online surabaya
      sebelum maka berlaku sim habis.
      terima kasih dah mampir

      Hapus
    2. Kalo SIM anda mati tgL 22 nanti, brarti anda akan merayakan ulang Tahun.. Hehehehhe, HBD smoga dapet SIM baru..

      Hapus
  3. Brarti biarpun online,kita tetap harus datang ke satlantas kebumen dong mbak??sedangkan kita ada di bekasi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara perpanjang sim online yang digalakkan POLRI saat ini, kita dapat melakukan perpanjangan sim lewat internet dimana saja kita berada. jika anda dari kebumen maka dapat memperpanjang sim di bekasi namun disini belum menemukan website penyedia perpanjang sim online di bekasi. semoga suatu saat segera terealisasi.
      terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
    2. Ok terimakasih buat infonya mbak..

      Hapus
  4. Mbak Ilmi, saya mau perpanjang SIM September nanti. Ingin'nya sih coba by online ini, tapi kok agak ragu yaa... heheehe...
    Saya sudah coba lihat di web satlantas,
    Setelah pengisian form yang ada disana, langkah selanjutnya sampai SIM nya jadi bagaimana ya?
    Mohon informasinya mbak, teman-teman yang sudah pernah urus SIM online juga tolong dishare ya... saya masih bingung ^^
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah mengisi berkas perpanjang sim online akan dapat no PIN. PIN ini yang akan dicetak dan diberi no antrian. setelah itu proses seperti mutasi sim atau membuat sim hanya tanpa tes teori dan praktek lagi.

      Hapus
  5. Terima kasih informasinya, Mbak Ilmi... ^^

    BalasHapus
  6. Mbak ilmi, kalo untuk proses pembayarannya bagaimana ? apakah ini kita harus ke kantor polisinya sendiri ? dan nt kalau sudah jadi apakah dikirim ke kita atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara pembayaran sim online tergantung masing2 kantor.
      kalau di surabaya ada bukti pembayaran bank.
      harus datang sendiri dengan membawa berkas asli
      syarat perpanjangan sim. dan juga foto + sidik jari +
      rekam mata.
      ya langsung jadi hari itu.

      Hapus
  7. untuk kota Bireuen propinsi aceh sudah ada blm...

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk saat ini belum menemukan website
      perpanjangan sim online bireuen
      namun mulai akhir 27 september 2015 ini
      mulai diadakan sim online serempak
      semoga segera terealisasi.

      Hapus
  8. mbak ilmi , setelah saya mengisi semua data data no antriannya terus apa yang harus saya lakukan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan datang ke kantor polisi, tempat dimana
      anda mengisi data sim online tersebut.
      beritahu petugas bahwa anda sudah daftar online.
      selanjutnya biar petugas membimbing.
      terima kasih dah mampir

      Hapus
  9. mba ilmi, kl sim tangerang, tp udah pindah domisili ke palembang,e-ktp tangerang udah dicabut mutasi ke palembang, tp di palembang belum dpt e-ktp, baru ktp sementara aja.. trs cara perpanjang sim nya gimana ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ktp sementara saja yang di berikan beserta sim
      semoga berhasil perpanjangan sim nya

      Hapus
    2. kasus saya hampir mirip. jadi penasaran itu bisa dilayani nggak ya. secara datanya kan sudah berubah alamat

      Hapus
  10. Mau tanya mbk,, untuk SIM online yang wilayah mataram NTB belum tersedia ya mbk ?
    Atau bisa gak kita daftar lewat wilayah lain ?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wilayah NTB khususnya polres mataram sudah Launching Layanan SIM Online.

      Hapus
  11. Klo untuk wilayah pekanbaru udh bs sim online nya mbk ilmi

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdasarkan satlantasrestabessby.com, sim online di POLRESTABES PEKANBARU sudah launching.
      terima kasih sudah mampir

      Hapus
  12. Kalau simnya telat lbh dari 6 bulaan gimana ya mba, apa harus buat baru lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika telat lebih dari 3 bulan maka harus
      membuat sim baru lagi. berdasarkan surat
      telegram Surat Telegram Kapolri Nomor ST/271/II/2015
      dan Kapolda Jatim ST/368/II/2015/Ditlantas.
      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  13. sim saya kab pemalang.. skrg tinggl di kab kebumen.? ktp skrg kebumen. klo mo perpanjang sim di kebumen bisa gk ea mbk ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mutasi sim ke kebumen saja, tanpa tes ujian lagi.
      sehingga data SIM dan KTP sama. info lengkap klik
      Cara Mutasi SIM

      Hapus
    2. Kalau di luar negeri gak bisa ya?

      Hapus
  14. Sim C saya Jakarta,Sekarang sedang tugas di balikpapan,Apakah sudah bisa perpanjangan Sim C di balikpapan,Mohon petunjuk link Online Balikpapan atau bisa ke polres balikpapan Trima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdasarkan satlantasrestabessby.com, wilayah kalimantan
      sim online launching di pontianak, bulungan, banjarmasin
      dan palangkaraya.

      Hapus
  15. Saya sim C Malang, perpanjang di jakarta Barat sudah bisakah ?

    Terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa perpanjangan sim di Jajaran Polda Metro Jaya
      terima kasih dah mampir

      Hapus
  16. Minta Tanya mbak, SIM Saya Dari Sumatra Utama Tapi posisi Saya di Jakarta.jd mau perpanjang Sim bisa gak?trima kasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa memperpanjang sim di Jajaran Polda Metro Jaya
      terima kasih dah berkunjung

      Hapus
  17. mbak Fatmawatin ,,,saya masih belum paham ,,apakah sim c yang hilang bisa di urus lewat online..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan konfirmasi ke satpas bandung tempat anda
      membuat sim karena syarat sim hilang harus ada
      tambahan surat keterangan hilang dari polsek.
      Polrestabes Bandung sudah launch sim online.
      022-87526765

      Hapus
  18. di kota karawang belum ada mba ilmi,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf belum menemukan website cara perpanjangan
      sim online karawang.

      Hapus
  19. kalau SIM kadaluarsa tgl 15 Desember ini,apakah sudah bisa perpanjangan sekarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik perpanjangan sim sebelum jatuh tempo

      Hapus
  20. Selamat malam
    Saya berdomisili Palembang, tetapi sedang menempuh pendidikan di Kota Malang. Apakah Kota Malang sudah bisa untuk dilkakukan SIM ONLINE? dan di POLRES mana saya harus datang.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. SATLANTAS POLRES MALANG
      Jl. A. Yani 01 Kepanjen - Kab. Malang

      Hapus
  21. Dibalikpapan sudah ada blm ya sim online

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdasarkan satlantasrestabessby.com, wilayah
      kalimantan sim online launching di pontianak,
      bulungan, banjarmasin dan palangkaraya.

      Hapus
  22. sy sim c di Makassar tp sdh mati 3 bulan yg lalu, skrg di malang mau buat baru tp ktp makssar, bsa nga yah buat sim c d malang? mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dulu perpanjang sim online di satlantas
      polres malang. kalau tidak bisa, mutasi sim
      dari makassar ke malang

      Hapus
  23. Sim c saya dikota garut JABAR mati 3 bln yg lalu,sy mau perpanjang di balikpapan.krn balikpapan tempat saya bekerja.apakah dibalikpapan sudah ada sim online

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan ke polres balikpapan, tanggal 5
      desember 2015 kemarin sudah launching sim
      online di lap merdeka.

      Hapus
  24. Sim saya kota tasikmalaya bisa perpanjang di mataram NTB?
    Bisa perpanjang sblm masa habis dan brp batas waktunya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa perpanjang di SatLantas Polres Mataram
      karena sudah launching sim online.

      Hapus
  25. Mbak mau tanya. Kalo memang harga buat baru sim itu cuma 120 ribu. Knp teman saya bikin habis sekitar hampir 500ribu? Memang tu biaya apa saja? Mohon infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau nembak sim mungkin bisa sebesar itu
      atau menggunakan biro jasa. tapi kalau
      mengurus sendiri 120rb sim baru, tes
      kesehatan 25rb, asuransi 30rb = 175rb.

      Hapus
  26. Mbak mau tanya, sim c sy beralamat di surabaya (alamat lama), sedangkan e-ktp sy sdh beralamat sidoarjo (alamat kini). Bs tdk perpanjang sim lwt sim online di sby? Mohon infonya. Tx

    BalasHapus
  27. bisa, perpanjangan sim online batam di Polresta
    Barelang. lebih lengkap klik syarat perpanjang

    BalasHapus
  28. Sim c saya di balikpapan, sudah hampir 4 bulan sudah mati. Saya lg kuliah di malang, kira2 apa bisa di perpanjang di malang? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika telat lebih dari 3 bulan harus buat
      sim baru, berdasarkan Surat Telegram
      Kapolri Nomor ST/271/II/2015
      dan Kapolda Jatim ST/368/II/2015/Ditlantas.
      perpanjang sim online SATLANTAS POLRES MALANG

      Hapus
  29. Yang di surabaya mohon infonya hbs mengisi folmulir di web trs gimana langkah selanjutnya...ini aku dr bojonegoro mau perpanjang SIM d surabaya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah mengisi sim online silahkan datang
      ke satlantas polrestabes surabaya colombo.
      bojonegoro belum bisa sim secara online karena tidak termasuk 45 satpas yang sebagian besar
      adalah ibukota propinsi.

      Hapus
  30. Misi pak mau tanya sim saya jawa cuma posisi sekarang lagi di batam apa bisa untuk perpanjangan disini mohon bantuannya.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. perpanjangan sim online batam di polresta balerang
      terima kasih kembali

      Hapus
  31. kalau dalam keadaan kerja di luar negri sementara sim bln 1 ini habis. Bagaimana cara perpanjang sim nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf belum punya pengalaman. info saja, toleransi
      perpanjang sim 3 bulan setelah sim mati.

      Hapus
    2. Jadi kalau SIM mati 1 bulan atau 2 bulan masih bisa di perpanjang? Tidak perlu membuat SIM baru lagi.

      Hapus
  32. Mba... Saya asli Maluku Utara (Ternate). Tpi skrg msih kuliah di Malang. Saya mau buat sim baru, yaitu SIM C. apa bisa dengan cara online.
    Terima Kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf cara membuat sim online ternate belum
      tersedia. terima kasih kembali

      Hapus
  33. cirebon mau perpanjang di jember caranya gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, cara perpanjang sim online cirebon atau
      jember masih belum bisa saat ini karena belum
      termasuk kota yang terhubung online. terima kasih
      sudah mampir

      Hapus
  34. Ktp saya solo/surakarta,apakah bisa diperpanjang didepok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, cara memperpanjang sim online solo atau
      surakarta belum bisa saat ini karena belum
      termasuk kota yang terhubung online. terima kasih
      telah berkunjung

      Hapus
  35. Saya mau bikin sim baru sedangkan ktp saya jakarta selatan tinggal.di bekasi...apakah saya bisa urus pembuatan sim c di bekasi...tolong bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara membuat sim baru online atau tidak harus
      sesuai dengan alamat di KTP.

      Hapus
  36. Selamat sore pak, SIM C saya keluaran Lhokseumawe Aceh Utara, skrg saya sudah tinggal di Kabupaten Malang Jawa Timur dan sudah punya KTP Malang? Apakah saya bsia memperpanjang SIM di SATPAS COLOMBO surabaya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika data SIM dan KTP sama maka bisa perpanjangan
      sim di satpas colombo sby. terima kasih sudah mampir

      Hapus
  37. beneran nih mbak, sudah bisa online? KTP saya sudah SURABAYA dan SIM masih JAKARTA, tidak perlu mutasi segala macem?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya data sim dan ktp sama, artinya silahkan
      mutasi sim dulu dari jakarta ke surabaya.

      Hapus
  38. Mbak mau nanya, apa harus ke satpas colombo utk perpanjang SIM bagi yg ber-ktp luar surabaya? Di sim corner atau sim keliling bs gak? Trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. perpanjang sim online bisa dilakukan di sim
      keliling taman bungkul atau satpas colombo

      Hapus
  39. selamat sore, untuk perpanjangan sim online harus melakukan registrasi secara online terlebih dahulu kah atau datang langsung ke satlantas, saya di banjarmasin dan saya cek dibanjarmasin sudah ada sim online tetapi saya tidak menemukan website untuk registrasi, itu bagaimana ya bpk/ibu. terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan datang ke satpas polresta banjarmasin
      untuk melakukan perpanjangan sim online

      Hapus
  40. Permisi, numpang nanya. Untuk memperpanjang sim online B1 ke B2 untuk daerah palembang dimana lokasinya.
    Terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. perpanjangan online masih untuk sim A dan C.
      perpanjang sim online dapat dilakukan di
      Polresta Palembang.

      Hapus
    2. Terimakasih atas infonya mbak.
      Jadi untuk domisi di palembang belum bisa untuk memperpanjang Sim B1 ke B2 (online) dan berarti harus memperpanjang di semarang tempat pembuatan Sim pertama B1.

      Hapus
    3. ya silahkan peningkatan sim di semarang.

      Hapus
  41. Mau tanya mba SIM saya kebumen apakah bisa perpanjang di Tangerang kota? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf kota kebumen dan tangerang belum
      termasuk dalam pelayanan SIM online. jadi tidak
      bisa memperpanjang sim online di kota tersebut.

      Hapus
  42. sblmnya sya ucapkn terimakasih kpda pemilik blog ini yg senantiasa memberikan kepuasan kpda setiap pengunjungnya dgn artikel2 pengetahuan yang penting.
    mau tanya sist, saya dari purwokerto jateng tpi skrg bekerja di bandung. saya sudh punya sim A tpi sudh habis masa berlakunya 3 thun, apakah sya bisa men top up sim sya jadi B1 di bandung ??
    terimakasih partisipasinya dan jawaban anda sangat saya tunggu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf perpanjangan sim maksimal adalah 3 bulan
      setelah masa berlaku habis. setelah itu harus
      mengikuti prosedur membuat sim baru. terima
      kasih sudah mampir

      Hapus
  43. Gan misi numpang tanya..apa untuk kota pekanbaru riau, apa ada perpanjang sim online..terimakadih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, Polresta pekanbaru melayani perpanjangan sim
      secara online, termasuk dalam jaringan 45 kota
      sim online.

      Hapus
  44. Mbak ilmi maaf mau tny ...klo mau perpanjang sim di polres smrg selatan ..sabtu itu buka gak yaa mbak ?? Trimakasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum ditemukan jam buka polres semarang
      selatan, mungkin hari kerja polres di semarang
      sama. info dari facebook NTMC POLRI pelayanan di
      Sat Lantas Polres Semarang hari Sabtu Jam 08.00
      - 12.00 Wib.

      Hapus
  45. Selamat sore mbak.
    mau tanya. kasusnya seperti ini
    SIM saya dikeluarkan di Kebumen
    Lalu skg sudah pindah KTP Sleman
    sekarang kerja di Pasurua.
    apakah sy bisa perpanjang SIM yg udh telat 1 bulan di Surabaya?
    trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya mutasi sim dulu ke sleman sesuai data
      ktp. setelah itu baru melakukan perpanjangan sim
      online di surabaya.

      Hapus
  46. SIM SAYA SIDOARJO, SEKARANG POSISI DI DEPOK..APAKAH BISA SAYA PERPANJANG SIM DI DEPOK ATAU JAKARTA ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf sidoarjo belum termasuk 45 kota sim online
      sehingga tidak bisa memperpanjang sim di depok
      atau jakarta.

      Hapus
  47. Saya mau Tanya, Sim saya Siak Riau, Dan sekarang tinggal dibekasi. Apakah siak sudah termasuk dalam Sim online?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, masih Polresta Pekanbaru dari propinsi
      Riau yang termasuk dalam 45 kota sim online.
      terima kasih sudah mampir

      Hapus
  48. Dari luar negeri tidak bisa ya? apa harus pulang ke indonesia sedangkan masa kontrak kerjanya belum habis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini,,,sama kejadian ny sama sy...koq gk da balasan ya???
      Bisa atw gk ny tolong di konfirmasi...terima kash

      Hapus
  49. Misi mbag mau nanya sim saya sidoarjo apakah saya bisa meningkatkan sim saya melalui sim online

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf belum menemukan website cara perpanjang
      sim online sidoarjo dan SDA belum termasuk
      dalam kota yang terkoneksi sim online. info
      lebih lengkap klik Daftar Kota SIM Online

      Hapus
  50. misi mba mau tanya sim saya keluaran purwokerto tapi skarang saya tinggal di jakarta di tanjung priok, apakah saya bisa perpanjang sim secara onlen di jakarta, klo bisa dimana ya mba. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf banyumas belum termasuk sim online
      nasional, jadi tidak bisa perpanjang sim di
      jakarta. namun bisa perpanjangan sim online
      khusus banyumas saja.

      Hapus
  51. Mba sim saya sudah mati bulan lalu kalo mau perpnjangan d cikarang bisa apa engga mba??
    Sim c saya asli kebumen bisa perpnjang online ap harus k kbmen lgi??
    terimakasih mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara buat sim online untuk perpanjangan tidak
      bisa dilakukan untuk sim kebumen karena belum
      terkoneksi dengan kota sim online nasional.
      jadi harus perpanjang sim di kebumen. terima
      kasih sudah mampir

      Hapus
  52. maaf admin mau tanya!!koq sy gak bisa melakukan prpanjngn sim c di polres sleman ya padhal sy asaal makssar yg sudah sistemx uda on line....kata ptugas polres sleman blum on line dan parahnya lagi no sim yg tetera pada sim sy itu atas nama orang lain.....makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin polres sleman memang belum online atau
      masih tahap proses integrasi database. silahkan
      konfimasi beberapa waktu lagi.

      Hapus
  53. Kalau sedang berada di luar negri bagaimana yach??

    BalasHapus
  54. Saya sdh registrasi simonline surabaya, ktp jakarta. Pertanyaanya apakah di aby harua di polresta utk perpanjang online? Atau bs di corner/sim kelilingkah? Trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa perpanjangan sim online surabaya di satpas
      colombo dan taman bungkul.

      Hapus
    2. Berarti dgn aim jakarta sudah bs perpanjang sim online di aurabaya ya admin?

      Hapus
    3. ya silahkan mengurus perpanjangan sim online
      di satpas colombo atau sim keliling taman
      bungkul.

      Hapus
  55. maaf sy masih belum.begitu jelas. Saya tinggal di tulungagung, tp keadaan saya kuliah di surabaya, tgl 20 sim saya berakhir. itu saya mengisi lewat online dari internet manapun bisa ? terus sehabis mengisi online dan dapat pin, saya harus kemana ?? mohon bantuannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf sim tulungagung belum bisa melakukan
      perpanjangan online karena belum tersambung
      koneksi sim online. lebih lengkap silahkan
      baca Daftar Kota Perpanjangan SIM Online

      Hapus
  56. Mau tanya mba, Sim Saya dengan alamat di Bekasi Kota dan Sekarang KTP sudah Bekasi Kabupaten.. dimana baiknya saya perpanjang SIM, dan prosedurnya seperti apa? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya mutasi sim dulu sehingga alamat sim
      dan ktp sama. perpanjangan sim nya di satpas
      penerbit sim dahulu.

      Hapus
  57. SIM saya habisnya 24022016, Baru tahu 25052016. Ktp dan SIM Yogya tapi saya kerja di Surabaya. Apa boleh perpanjangan, atau harus bikin Baru. Saya sudah registrasi onlinr 25052016, tapi bingung maksude PIN dan kode aktivasi. Gimana bisa tahu Karna di formulir tidak ada pertanian ttg alamat imil. Gimana tau formulir sdh di terima.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik perpanjangan sim online saja pak di
      satpas colombo atau taman bungkul.

      Hapus
  58. Malam, mau tanya mba, SIM saya dari Medan bisa perpanjang di Jakarta tidak ya? Perlu lampirkan surat keterangan kerja di Jakarta tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sim medan bisa perpanjang online di satpas
      jakarta dengan membawa syarat perpanjangan sim
      seperti biasanya. tak perlu membawa suat kerja.

      Hapus
    2. Makasih atas infonya yg sangat membantu

      Hapus
    3. terima kasih juga sudah mampir di artikel
      cara perpanjangan sim online

      Hapus
  59. Mau tnya. Sim saya (A dan C) habis sptmbr bsok. Sim A sy, mau sy ganti ke B umum. Apakah bisa lewat online? Sy dari semarang, tapi domisili di jakarta. Ktp masih semarang. Mhon petunjuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara naik golongan sim online bisa dilakukan di
      satpas kota yang telah terkoneksi SIM ONLINE.

      Hapus
  60. Yth Bapak / Ibu,

    Saya mohon informasi mengenai cara mendapatkan Surat Keterangan dari Kepolisian RI, yang menerangkan mengenai Sejarah dari kepemilikan SIM Indonesia atau sudah berapa lama saya memiliki SIM Indonesia.

    Surat ini dibutuhkan karena saya sekarang berdomisili di Singapura dan ketentuan dari Pemerintah Singapura bahwa jika seorang warga asing yang menetap di Singapura, untuk mengendarai kendaraan di Singapura diharuskan mengkonversi SIM Indonesianya ke Driving License yang dikeluarkan oleh Negara Singapura.

    Untuk mengkonversi itulah salah satu persyaratannya adalah SURAT KETERANGAN dari Kepolisian RI (Kop Surat) seperti yang saya jelaskan di atas.

    Mohon penjelasannya kemana saya harus memohon. Apakah saya dapat mendapatkannya di Gerai SATPAS yang ada di GANDARIA CITY?

    Untuk Info: SIM Saya di bulan April kemarin diperpanjang di Gerai SIM Gandaria CITY.
    Saya akan ke Jakarta pada tanggal 2 Juli 2016, mohon informasi apakah Kantor Satpas buka pada tanggal 4 atau 5 Juli 2016? Cabang mana saja yang buka?

    Terima kasih atas penjelasannya.

    Hormat Saya,

    Denny Atmawidjaja

    BalasHapus
    Balasan
    1. hal yang berkaitan dengan bagaimana cara membuat
      sim internasional silahkan datang ke Mabes
      Korlantas Polri Jl. MT Haryono Kav 37-38,
      Jakarta 12770. begitiu juga dengan perpanjangan.

      Hapus
  61. maaf mbak, numpang tanya..
    di karawang sudah bisa perpanjang sim online apa belum yah?
    mohon infonya..
    makasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, karawang belum terkoneksi sim online
      nasional.

      Hapus
  62. Mau tanya , sim C saya Kota Magetan, sudah pindah di kota solo dan sdh punya E-KTP, kalau perpanjangan gimana ya mbak?

    Terimakasih.

    Salam Adi

    BalasHapus
    Balasan
    1. perpanjangan sim magetan dengan datang langsung
      ke polres magetan atau secara online buka
      http://satlantaspolresmagetan.com/sim/index.html

      Hapus
  63. Sore mbak Ilmi, sy mau tanya,sy berdomisili kab.malang & sy bekerja di blitar kota, & sim c sy mati nnti tgl 18072016, seandainya sy perpanjangan sim c di blitar kota apakah bisa, karena jarak dr rumah sy ke blitar itu lebih dekat drpd jarak rmh sy ke malang, karena tempat tinggal sy adalah perbatasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum bisa perpanjangan sim online di kota
      blitar karena belum termasuk jaringan sim online

      Hapus
  64. mbak,, mau ikut tanya juga. sim c malang saya bulan depan habis masa berlakunya. sementara saya sekarang domisili serang dan sudah ada ktp serang (belum e-ktp) karena data sim biasanya sesuai dengan inputan ktp. apa bisa saya memperpanjang sim c malang saya dengan ktp serang? lalu semisal adik saya juga sama, tapi ktp masih malang, sim c malang, mau diperpanjang di serang. apakah untuk adik saya bisa langsung diperpanjang juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sim c malang bisa diperpanjang secara online di
      Polres Serang

      Hapus
  65. Mbak, suami saya kan sim nya malang.. Mau perpanjang di Balikpapan berarti sudah bisa ya? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. sim online untuk wilayah kalimantan di Polres
      Bulungan, Polresta Banjarmasin dan Polres
      Palangkaraya

      Hapus
  66. Mbak mau tanya, sim saya jepara,jawa tengah tapi sya dibalikpapan apakah bisa perpanjang dibalikpapan atau tidak? Setelah sya gogling cari" katanya dibalikpapan sdh bisa sistim online.
    Thanks sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sim online untuk wilayah kalimantan masih
      olres Bulungan, Polresta Banjarmasin dan Polres
      Palangkaraya

      Hapus
  67. Asalmualikum,, mf mohon penjelasan dan solusinya,,,
    Sy mw mutasi motor flat DK ke DR, stnk dan bpkb ada, pajak hidup, tapi kwitansi 6000 nya gk punya mas, sialnya dulu beli serah terima uang dan barang saja.. apa bisa mutasi motornya dilakukan.. mohon jawabnya .. temksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti tinggal membuat surat jual beli atau
      kwitansi bermaterai 6000 saja

      Hapus
    2. Apa bisa klo saya buat kwitansinya asal asalan tanpa penjualnya..? Mohon pencerahanya mbk.. temksh..

      Hapus
  68. Sore mb Ilmi sim saya sby skr saya d malang apa bs di perpanjang di sim corner araya? Makasih sebelumny..

    BalasHapus
    Balasan
    1. perpanjangan sim online di satpas polres malang

      Hapus
  69. mba posisi sy di mataram sim jogja bisa diperpanjang di mataram

    BalasHapus
  70. Ass. Selamat pagi, mbak saya mau buat sim a. Kira kira kalau via online bisa gak mbak buat nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam, di beberapa tempat bisa online
      kemudian diteruskan dengan datang ke satpas.

      Hapus
  71. Asslmkm. Klo sim bekasi kabupaten bisa perpanjang lewat sim keliling bekasi kota ga ya mba?

    BalasHapus
  72. Sim saya magetan ( jawa timur ) , apakah bisa memperpanjang sim di jakarta secara online ??terima kasih.

    BalasHapus
  73. Saya mau registrasi SIM online via web https://sim.korlantas.polri.go.id kok gak bisa masuk, keterangannya unsecure connection. Kenapa ya ?

    BalasHapus
  74. Maaf mau tanya juga mbk fatma sim saya B1 umum dri rembang jateng dan skrg ektp pindah ke lamongan..apa bisa diperpanjang di surabya..kalau bisa syartnya gmna..tolong pencerahaanya sekian terimakasih..

    BalasHapus