Rabu, 14 Januari 2015

Cara Mutasi SIM (gambar lengkap)


Cara Mutasi SIM. sudah tidak jamannya lagi mengurus mutasi sim melalui calo saat ini. cara mengurus mutasi sim karena pindah alamat sangat mudah dan cepat. ataupun cara membuat sim baru juga mudah sekarang. jika anda masih menyangka bahwa cara perpanjang sim ribet dan perlu banyak waktu, sudah saatnya anda membuktikan sendiri dengan mencoba mengurus perpanjangan sim tanpa cara sim nembak. adapun waktu yang dibutuhkan untuk mengurus mutasi sim tidak sampai 1 jam sebagaimana yang akan diuraikan pada kesempatan ini.

disini akan dijelaskan cara mutasi SIM yang disertai dengan penjelasan dan gambar yang lengkap sehingga memudahkan teman-teman untuk mengurus mutasi sim sendiri, tanpa bantuan calo yang pasti membutuhkan biaya yang lebih besar dari biaya perpanjang sim semestinya. perlu diketahui pada umumnya prosedur dan tata cara mutasi sim di setiap daerah sama saja dan kalaupun ada perbedaan mungkin sedikit saja. sebagai contoh disini dibahas cara mutasi sim antar kota tepatnya dari kota pasuruan ke surabaya jakarta.

mohon maaf disini tidak sedang membahas cara mutasi ptk atau nuptk dan juga bukan cara mutasi kendaraan bermotor atau sepeda motor. semoga suatu saat nanti dapat juga menjelaskan cara mutasi kendaraan bermotor antar propinsi di blog ini sehingga dapat memudahkan teman-teman juga nantinya dalam mengurus mutasi sepeda motor sendiri tanpa calo. namun disini akan diterangkan cara mutasi sim atau cara perpanjang sim karena pindah alamat rumah. tepatnya cara mutasi sim c antar kabupaten dalam propinsi, bukan antar provinsi.
Cara Mutasi SIM
SIM baru perpanjangan sampai 2020
tips cara mengurus sim agar tidak bolak-balik ke tempat fotokopi selama menjalani proses cara mutasi sim adalah dengan memperhatikan syarat yang harus dipenuhi untuk perpanjangan sim, mulai dari pengambilan berkas mutasi di daerah asal pembuatan sim lama sampai selesai.

Syarat Mutasi SIM C yaitu :

- surat pengantar mutasi dari samsat asal berupa 1 bendel berkas dengan amplop coklat.
- fotokopi KTP surabaya 3 lembar.
- fotokopi SIM 3 lembar.
- SIM C asli.
- KTP surabaya asli.

Cara Cabut Berkas Mutasi SIM asal (Kartu Induk)

1. siapkan SIM asli dan KTP asli
2. datang ke Polres Pasuruan di jl. Dr. Sutomo 4 Bangil Pasuruan
3. daftar mutasi sim ke bagian pendaftaran
4. kemudian ke bagian pengambilan SIM, bilang mutasi sim dan serahkan sim.
5. tunggu beberapa saat untuk dipanggil kembali menerima berkas mutasi dengan membayar Rp 25.000. waktu gak sampai 30 menit.

Prosedur Cara Mutasi SIM ke surabaya (Pindah Masuk)

1. datang ke samsat kolombo jl kerapu surabaya. usahakan datang di kolombo jam 9 pagi biar tidak antri. parkir di kolombo. kemudian keluar kolombo untuk cek kesehatan. tempatnya di sebelah kiri samsat kolombo. ketika keluar samsat kolombo lihat sebelah kanan anda, maka anda lihat bangunan berwarna ungu. itu adalah tempat cek kesehatan (lihat gambar).
Cara Mutasi SIM
Tempat Cek Kesehatan
2. cek kesehatan. siapkan KTP asli + fotokopi dan uang Rp 20.000 untuk biaya cek kesehatan dan Rp 30.000 untuk asuransi AKDP. total Rp 50.000. disana juga di cek kesehatan mata. maka anda mendapatkan surat keterangan sehat berwarna merah dan kartu asuransi AKDP.
Cara Mutasi SIM
surat keterangan sehat

Cara Mutasi SIM
asuransi AKDP
3. balik ke samsat kolombo. langsung ke tempat pendaftaran SIM Mutasi Masuk, tepatnya di sebelah kiri bank BRI. serahkan 1 bendel berkas mutasi + surat keterangan sehat + asuransi AKDP + KTP + SIM dan biaya perpanjangan SIM Rp 75.000. tunggu kurang lebih setengah jam.
Cara Mutasi SIM
Tempat Pendaftaran SIM Mutasi Masuk
ketika selesai, anda akan dipanggil dan diberi berkas mutasi dan perpanjangan lengkap dan langsung di suruh ke ruang photo. berkas lengkap terdiri dari surat pengantar mutasi sim, formulir pendaftaran, SIM + fotokopi, KTP + fotokopi, asuransi AKDP, surat keterangan sehat, tanda bukti pembayaran perpanjangan sim.
Cara Mutasi SIM
Berkas Mutasi Lengkap
Cara Mutasi SIM
Tanda Bukti Pembayaran Perpanjangan SIM
4. langsung ke ruang photo sim. serahkan semua berkas ke bagian photo. prosesnya anda akan di foto, sidik jari, tanda tangan dan cek data sim di layar komputer. jika data sudah benar maka urusan selesai.
Cara Mutasi SIM
Ruang Photo SIM
5. tunggu di tempat pengambilan sim. kurang lebih 5 manit dipanggil untuk mengambil sim baru. mudah bukan cara mutasi sim tanpa calo.
Cara Mutasi SIM
Tempat Pengambilan SIM
catatan : diatas ada prosedur cara mutasi dan perpanjangan sim yang penulis lakukan pada hari sabtu seminggu yang lalu.

Biaya cara mutasi sim Rp 150.000 dengan perincian :
Rp 25.000 untuk ambil berkas sim asal
Rp 20.000 untuk cek kesehatan
RP 30.000 untuk asuransi AKDP
Rp 75.000 untuk perpanjangan SIM C.

demikian artikel cara mutasi sim c dari pasuruan ke surabaya bukan jakarta. semoga memberikan kemudahan untuk teman-teman dalam mengurus mutasi dan perpanjangan sim antar kabupaten atau mungkin juga antar provinsi dan baca juga download driver HP laptop atau printer gratis. selamat mencoba!
Share it Please

Ilmi Fatmawatin

sip

170 komentar:

  1. Terima kasih infonya, sangat membantu saya yang ingin mutasi Sim dari Surabaya ke Tulungagung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah kalau bisa bermanfaat
      terima kasih jg sudah mampir

      Hapus
  2. Tidak perlu tes lagi ya. berarti lebih baik mutasi SIM jika pindah, dari pada bikin baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya lebih baik mutasi sim saja karena tanpa tes
      dari pada membuat sim baru, sudah pasti ada tes lagi
      dan makasih sudah berkunjung

      Hapus
    2. klo mutasi tapi sim udh telat bsa g ya pak

      Hapus
  3. kalau asal saya surabaya, hanya pindah alamat sesama surabaya gimana prosesnya mas? kemana dulu tujuan saya? apa langsung ke colombo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan ke samsat daerah anda dulu gan
      makasih dah mampir

      Hapus
  4. Terima kasih infonya ..
    akan saya coba dari malang ke blitar

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih juga
      semoga lancar mutasi sim nya

      Hapus
  5. Joss.. hari ini mau tak coba. Tapi dari jogja ke bogor

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo kawan
      semoga diberi kemudahan proses mutasi sim nya

      Hapus
  6. kalau langsung bikin baru bisa gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa juga tapi prosesnya dari awal pembuatan sim baru
      lebih baik mutasi saja jadi tidak perlu tes lagi

      Hapus
  7. Terima kasih infonya, kakak saya jg mau mutasi dari jombang ke sidoarjo,
    sangat bermanfaat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga lancar mutasi sim nya
      terima kasih jg dah mampir

      Hapus
  8. Kalo untuk cabut bendel di samsat asal, bisa diwakilkan atau tidak ya om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa, dengan bawa sim asli yg akan dicabut.
      tp pengalaman cabut sim asal waktu itu dilakukan sendiri om.

      Hapus
  9. Ketika di samsat tujuan itu kita lgsg ke tempat cek kesehatan ya?? Tanpa meminta semacam pengantar gt dr samsat tujuan mutasi kita? Langsung ke tempat cek kesehatan cuma bawa berkas cabut dr samsat awal aja gt ya. Trima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tepat, bawa ktp + fotokopi + uang 20 rb sebagai syarat cek kesehatan mutasi sim

      Hapus
  10. kalo beda propinsi gimana ya? soalnya SIM msh alamat pontianak (kalbar) skrg pindah KTP bantul (diy)....mohon infonya...matur nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah belum pengalaman Masgonst, mungkin kurang lebih sama. namun sekarang bisa perpanjang sim antar provinsi.
      matur nuwun dah mampir

      Hapus
  11. syarat yg pertama didapat dari mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara mendapatkan syarat yang pertama,
      di kantor polisi tempat dimana kita membuat sim dulu
      thanks dah mampir

      Hapus
  12. Balasan
    1. sama2 dan terima kasih jg dah mampir ya

      Hapus
  13. makasih infonya ya,,,kebetulan lagi mudik sekalian mau cabut berkas,syaratnya apa aja ya yg dbwa ke samsat tempat awal buat sim??

    BalasHapus
    Balasan
    1. syarat cabut berkas sim yaitu sim + ktp asli.
      semoga lancar ngurus mutasi sim nya

      Hapus
  14. Gan kalau mutasi Sim apakah masa berlakunya sama dg sebelum dimutasi misal sim A sy masa berlaku sampai 2018 apakah setelah mutasi tetap 2018...karena sy mau meningkatkan sim sy jd B1 umum syaratnya sy sdh memiliki sim A lebih dari 1 tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa berlaku mutasi sim seperti pembuatan sim baru yaitu 5 tahun

      Hapus
  15. ok mkasih ya,,,
    mau langsung go nih ke polres,,,
    bismillah

    BalasHapus
  16. saya mau mutasi sim , dari sumatra, tepatnya pematang siantar ke jakarta. sementara saya sekarang sudah di jakarta, apakah aku harus pulang ke pematang siantar cabut berkas dulu????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik mengurus perpanjang sim online saja, sekarang sudah bisa perpanjangan sim lewat internet. coba tanya ke satlantas di jakarta yang dekat dengan daerah anda.

      Hapus
  17. makasih banyak infonya, sangat membantu. kebetulan besok saya mau mutasi sim c dari cirebon ke jakarta...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2
      semoga proses cara mutasi sim c nya lancar

      Hapus
  18. pengen mutasi dari surabaya ke riau, tapi mau urus surat2 dari surabayanya gak ada waktu dan jauh,, dah terlanjur di riau sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih mudah, coba cara perpanjang sim online
      tapi untuk saat ini hanya bisa di kota tertentu.
      di Riau kayaknya belum bisa memperpanjang
      SIM secara online. ditunggu smoga cepat realisasi.
      atau minta diwakilkan mutasi sim di surabaya

      Hapus

  19. Dulu saya bikin SIM B1 di Makassar
    Kemudian Hilang di daerah Bandung,
    Apa bisa saya urus SIM B1 yang hilang tersebut di Bekasi (Tempat tinggal saya sekarang)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mempertahankan sim b1 yang dulu maka
      harus mengurus sim hilang dulu + lapor polisi
      kemudian urus mutasi sim dari makasar ke bekasi.
      lebih baik buat sim baru di bekasi. terima kasih
      sudah mampir.

      Hapus
  20. Untuk cabut berkas harus menggunakan KTP yang sesuai di SIM ya. Karena KTP lama saya sudah ditarik oleh kelurahan pada saat mutasi KK.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bawa ktp + sim asli nya ada saja mas,
      nanti juga ditanya pindahnya ke mana.
      terima kasih dah mampir

      Hapus
  21. Misal saya mau mutasi dr bekasi ke bogor tetapi ktp bekasi sudah tidak berlaku lg apakah masih bisa cabut berkas di bekasi??

    BalasHapus
    Balasan
    1. cidoba dulu saja cabut berkas di bekasi
      namun lebih enak nunggu perpanjangan sim online
      di bogor tanpa perlu cabut dulu.
      terima kasih dah berkunjung

      Hapus
  22. Maaf gan mau nanya, kan ktp sya kabupaten. Tapi sya mah bikin sim di polres kota/madya bukan dikabupaten. Ntar jadi msalah ga yah SIM nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukannya data sim harus sesuai dengan KTP?
      terima kasih dah mampir

      Hapus
  23. Halo mas,

    Saya mau mutasi sim c tapi sim c nya sudah lewat masa berlaku nya sekitar 3 bulan lalu. Apakah masih bisa saya proses cabut berkas lalu mutasi sim di tempat yg baru ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mas, tapi itu tergantung kebijakan tempat
      ngurus sim nya. berapa tenggat setelah sim mati
      untuk bisa mutasi.
      terima kasih dah berkunjung

      Hapus
  24. Ktp saya jakarta.. tp sim alamat boyolali.sdngkan ktp boyolali ditarik kelurah jakarta.yang saya tanyakan nanti saya ngurus simnya diboyolali dan ngak ngurus lagi di jakarta tarimakasih min

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mutasi yang harus cabut sim dulu di boyolali
      tapi kalau ingin perpanjang bisa langsung di jakarta

      Hapus
    2. Kan alamat sim sma ktp beda gan emang bsa kslau di perpannjang..di jakarta tanks

      Hapus
  25. Pak sy mau mutasi sim c dari jakarta ke bogor tapi sim c sy telat 7 thn kira-2 bisa enggk

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa perpanjang sim yang mati 7 tahun.
      maksimal batas toleransi 3 bulan.
      terima kasih dah mampir

      Hapus
  26. Sim sy cikarang
    Ktp sy skrg cipondoh tangerang
    Apa bs perpanjang sim online atau harus mutasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. mutasi dulu sehingga data ktp dan sim sama.
      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
    2. Kalau mutasi disamsat atau dipos pembuatan sim.pak??soalnya dicikarang bikin simnya bukan disamsat..mohon jawabannya pak??

      Hapus
    3. cara mutasi di tempat pembuatan sim pak,
      bukan di samsat. terima kasih sudah mampir

      Hapus
  27. gan... maaf saya lagi bingung... begini sim a mau habis , karena beda domisili... saya mau urus mutasi , tapi sim c saya hilang.... belum urus kehilangan...
    kalo saya mutasi sim a , tetap saya harus bikin sim baru sim c... daripada dua kali kerja , mendingan saya bikin baru semua y ? tapi saya ga mau ditest lagi... ribet

    gimana supaya polres tempat saya domisili kini, percaya saya bisa kendarai sim a dan sim c tanpa test ? apa benar dipersulit... soalnya saya orang kerja... ga bisa sembarangan absen... bagusnya gimana gan ? trims gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk sim a, mutasi saja, tanpa tes lagi.
      untuk sim c, minta surat kehilangan dari polsek
      setempat, terus buat sim baru dg bawa KTP,
      surat keterangan hilang dan fotocopi SIM jika ada.
      tanpa tes juga. terima kasih sudah mampir

      Hapus
  28. pak saya mau mutasi tapi sim saya telat 5 bulan. apa masih bisa mutasi ? atau bikin baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman kemarin bisa, mutasi meski telat lebih 3 bulan.
      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  29. pak mau tanya, dulu saya tinggal di pamulang dengan KTP Tangsel dan sim jg dari tangsel. Kemudian saya pindah ke jakarta barat. KTP Tangsel sudah di cabut dan diganti dengan KTP Jakbar, namun sim saya masih tangsel. apakah bisa mutasi?
    yg perlu dibawa apa saja? dan yg pertama saya datangi itu ke samsat tangsel dulu ya?

    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mutasi dari tangsel ke jakarta, harus cabut berkas
      ke tangerang selatan dulu, tempat membuat sim dulu.
      berkas kemudian dibawa ke tempat membuat sim
      di tujuan. syarat yang dibawa untuk cabut berkas
      adalah SIM dan KTP asli. terima kasih sudah mampir

      Hapus
    2. Pada tahap cara Cabut Berkas Mutasi SIM asal (Kartu Induk) yang point no 1itu ktp nya asal daerah awal atau ktp skrg yang Mau dituju? Thanks you

      Hapus
  30. blog yg sangat membantu...
    :-)
    sukses slalu kang...
    udah setahun semenjak ktp jadi ane blum mutas juga :-D A+C klo di mutasikan kira" kenak berapa dari madura ke surabaya kang..

    makasi kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih doanya kang
      intinya mutasi sim proses nya sama dengan perpanjangan
      sim secara manual + biaya cabut berkas.
      tarif perpanjangan sim klik
      biaya ngurus sim

      Hapus
  31. Beneran ta gak perlu tes lagi.... Ok tak coba...makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mutasi sim tidak perlu tes lagi.
      semoga lancar membuat sim nya

      Hapus
  32. Saya mau tanya gan ..dulu saya bikinny sim nembak asal jadi sim..apa bisa di sama kan sama ktp..mohong penjelasany

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan minta diganti alamatnya ketika
      perpanjangan sim

      Hapus
  33. Agan yang baik hati saya mau tanya tentang berapa lama sich batasan kita mendaftarkan untuk membuat SIM setelah menerima berkas mutasi dari polisi tempat bikin Sim yang pertama

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pengalaman kemarin lebih dari 1 bulan
      setelah ambil berkas asal untuk mutasi sim

      Hapus
  34. Bulan ini kan udah waktunya perpanjangan sim,waktu bikin sim didaerah batang dengan ktp batang,tapi sekarang ktp elektrik saya udah alamat di jakarta..gimana biar bisa perpanjangan sim nya di daerah asal pembuatan ,ataukah harus cabut berkas dulu lalu perpanjangan di jakarta...mohon infonya,terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik mutasi sim saja dengan cabut berkas
      di batang dulu dan masuk ke jakarta, tanpa perlu
      tes tulis atau praktek lagi.

      Hapus
    2. Trimakasih saranya,sekarang aku dah berhasil mutasi dan perpanjang masa berlaku sim A&C di jakarta.Dengan rincian
      1).biaya cabut berkas simA&C :100.000(bantuan tukang parkir)
      2).kir dokter 25.000
      3)perpanjang simA 80.000
      4)perpanjang simC 75.000
      5)asuransi 2sim 60.000
      Total 340.000,-

      Hapus
    3. alhamdulillah dan selamat sudah sukses mutasi
      sim dari batang ke jakarta. pengalaman cabut
      berkas sim c dulu (ngurus sendiri) Rp 25.000.
      terima kasih komentarnya

      Hapus
  35. Saya punya sim c daerah sudah mati 1 tahun, bisa mutasi ga ya ke jakarta? Bgmana caranya. Tks teman

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin juga mati lebih dari 3 bulan, bisa mutasi.
      cara nya dengan cabut berkas di daerah sim asal
      dan menyerahkan ke wilayah tujuan.

      Hapus
  36. Maaf nanya kl sim daerah/magelang sudah mati dari september apa masih bisa di mutasi ke jakpus,atau maksimal berapa bulan sim mati bisa dimutasi/perpanjang

    BalasHapus
    Balasan
    1. batas waktu perpanjangan sim setelah mati adalah
      3 bulan. jika lebih dari itu maka harus membuat
      sim baru. adapun pengalaman mutasi kemarin, bisa
      dimutasikan meskipun lebih dari 3 bulan dari masa
      berlaku sim habis.

      Hapus
  37. mas, kalau aku mau urus pindah sim A dan C dari sby ke malang kira2 foto nya 2 kali kah dan perkiraan biaya berapa ya? barusan aku selesai urus KTP dan KK alamat malang, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdasarkan pengalaman kawan Maskr diatas
      biaya mutasi sim A dan C sebesar Rp 340.000.

      Hapus
  38. Nice info gan.. saya ingin perpanjang sim dengan ktp baru yang beda domisili. apakah bisa mutasi dan perpanjang dalam 1 hari?
    ktp lama bekasi,ktp baru bogor..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, pengalaman dulu, cabut berkas kurang 1
      jam. begitu juga mutasi masuk kurang lebih 1 jam.
      hanya saja kemarin beda hari karena ada urusan
      lain.

      Hapus
  39. selamat pagi gan mau nanya, saya sudah punya berkas mutasi nya dari polres cilacap sejak 6 januari 2016. tapi baru akan mengurus ke samsat jakarta hari ini. apa masih berlaku? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya masih berlaku karena salah satu dokumen mutasi
      yaitu surat keterangan pindah pengganti STNK
      berlaku 2 bulan setelah dikeluarkan.

      Hapus
  40. pak mau tanya, saya mau mutasi sim dari bondowoso(jatim) ke sukoharjo(jateng), tadi saya baca-baca di internet harus minta surat pengantar dlu dari tempat sim yg dituju(sukoharjo)untuk mendapatkan surat keterangan mutasi dari satpas awal pembuatan sim(bondowoso).tpi klo saya baca dari keterangan diatas, tanpa harus datang dlu ke satpas yg dituju(sukoharjo).jadi kira2 prosedur yg bnar yg mna ya, biar saya tidak bolak-balik. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu pengalaman mutasi sim tahun 2015 yang lalu
      dan tanpa datang dulu ke satpas colombo surabaya. berdasarkan web polri.go.id, syarat
      mutasi sim tidak ada keharusan surat
      pengantar dari satpas tujuan.

      Hapus
    2. pengalaman tarik berkas di polres batu feb 2016 lgs ke polres batu,tanpa surat pengantar dr satpas tujuan. cukup info mau ambil berkas buat mutasi serta menyerahkan fotocopy KTP & SIM 2X

      Hapus
  41. thx alot bro, pagi ini tgl 9 feb 2016 baru aja selesai ngurus mutasi dr batu ke surabaya.malah kalp d polres batu gak ada biaya apa2x buat tarik berkas/surat pengantar mutasi nya.
    awal mikir mau bikin baru aja drpd mutasi, krn kebayang bakal ribet ngurus mutasi. untung sempat baca blog bro, jd percaya diri ada panduan ngurus sendiri tanpa lewat calo & bener gak ribet.
    td d colombo cuma bayar cek kesehatan + asuransi 55rb + perpanjangan sim A 80rb

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah proses mutasi surat izin mengemudi
      (sim) nya lancar

      Hapus
  42. Mau tanya nich, saya mau perpanjang sim A, waktu awal buat sim A di kota palembang prov.sumsel skarang saya sudah pindah ke kabupaten lahat prov.sumsel dngan ktp dan kk lahat. Bisa gak saya memperpanjang di kantor satlantas lahat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya mutasi sim dulu dari palembang ke lahat sehingga data ktp sama dengan sim.

      Hapus
  43. Sim c saya hilang 4thn yg lalu.
    saya sekarang pindah rumah, alamat diktp sekarang hanya berbeda kelurahan dengan alamat yang di sim Prosedurnya seperti apa ya untuk mengurusnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dapat membuat sim baru lagi. atau mungkin dapat
      membuat baru karena kehilangan sim sehingga
      tidak perlu tes lagi jika masa berlaku yang
      telah habis tidak lebih dari 3 bulan. jika lebih
      dari itu maka harus bikin baru.

      Hapus
  44. Sangat bermanfaat. Tapi saya masih trauma dengan calo dan petugasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo dicoba dulu, pengalaman kemarin menjadi
      bukti bisa mutasi sim mudah dan cepat tanpa calo.

      Hapus
  45. Permisi admin. Mau tanya. Sy punya sim c yg masa berlakunya sdh habis 1 thun lalu. Kemudian mau sy cabut berkas dr jember ke sampang. Apakah hasil cabut berkas sim yg sdh habis masa berlakunya itu nantinya bs langsung diproses penerbitan sim baru atau masih harus tes lagi. Mohon tanggapannya. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pengalaman kemarin masa berlaku sudah mati
      lebih dari 3 bulan namun tetap bisa mutasi sim
      tanpa proses tes lagi.

      Hapus
  46. saya mau cabut berkas di samsat asal, kok dipersulit yaaa... apa bisa dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman cabut berkas mutasi sim sendiri
      kemarin mudah, tidak sampai 1 jam selesai.
      silahkan dicoba lagi.

      Hapus
  47. Saya mau pindah dari bogor ke bandung,berarti saya harus pindah ktp dulu?baru urus mutasi sim&stnk.
    Eh sim atau stnk dulu?
    Terimakasih banyak atas jawabannya...
    .

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya pindah KTP dulu kemudian mengurus
      mutasi SIM di satpas dan STNK di samsat. membuat
      sim dan stnk barengan juga bisa karena tempatnya
      juga berbeda.

      Hapus
  48. Mas, mau Tanya ini SIM namanya Kurang (hanya nama depan) dan tanggal lahir salah, tapi KTP yang baru sudah benar Nama Lengkap dan tgl lahir sudah benar, maklum yg bikin KTP didaerah tdk tanya2 lagi, apa masih bisa mohon Mutasi SIM, please info, thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih bisa mutasi sim dengan syarat ada sim lama
      dan KTP. usahakan disamakan data di sim dengan
      ktp ketika membuat sim saat proses mutasi.

      Hapus
  49. Salam. Saya mau tanya, alamat ktp dan sim c di jambi. Sementara skrg saya bekerja di bogor. Sim c sy harus diperpanjang. Kmrn sudah coba perpanjangan scr online. Namun ternyata bisa, krn data dr jambi belum di migrasi. Solusi terbaik nya bgmana ya? Tanpa hrs sy ke jambi. Terimakasih. Ditunggu jawabanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alternatif jika data jambi belum di migrasi,
      tunggu 1 atau 2 bulan lagi karena masa
      perpanjangan sim adalah 3 bulan sejak masa
      sim habis. semoga dengan waktu tersebut sudah
      terjadi migrasi data jambi. silahkan cek masa
      berlaku sim anda.

      Hapus
  50. mlm gan...saya mo tanya ...bln 6 sim saya exp...trus apakah bisa di perpanjang secara online di bogor...sedangkan sim saya dr jatim
    trus misal kalo mutasi apakah harus punya ktp alamat yg skrg...trimakasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara buat sim online untuk perpanjangan, harus
      kurang 3 bulan sejak masa berlaku sim habis
      dan jika lebih dari itu maka harus buat sim c
      baru dengan soal ujian tes sim teori dan
      praktek. syarat mutasi sim, harus ada KTP
      alamat sekarang.

      Hapus
  51. Makasih infonya, nih aku mau mutasi SIM dari Kediri ke Blitar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga lancar pak proses nya. terima kasih juga
      sudah mampir di artikel cara bikin sim baru
      dengan mutasi.

      Hapus
  52. Gan, saya kan ga ngerti mutasi sim, jadi d tmpt baru sy tinggal sy buat baru, tp tes nya ga lulus, sudah punya asuransi, surat dokter, sy baru ngerti muatasi sim mudah cara mendapatkannya, trus gmn solusinya Gan, sim sy mati 26 feb 2016, apakah asuransi, surat dokter masih berlaku d tmpt baru? Dan surat kshtn jg hrs buat saat mncbut berkas? Matur suwun.. dr warga baru malang

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik mutasi sim dengan cabut berkas di
      satpas asal karena tanpa perlu tes sim lagi.
      jatuh tempo perpanjangan sim adalah 3 bulan
      setelah sim mati. lebih baik segera mutasi.
      asuransi dan surat kesehatan umumnya masih
      berlaku. tidak perlu buat surat kesehatan
      ketika mencabut berkas sim.

      Hapus
    2. Terima kasih Gan, smg besok sabtu mutasinya bisa di lakukan krn sim dah mati sejak feb akhir...

      Hapus
    3. semoga lancar proses mutasi surat izin
      mengemudi nya.

      Hapus
  53. Mau tanya kalau saya mau mutasi dari jogja ke jakarta tp ktp saya sudah ktp jakarta apakah cabut berkas dijogjanya bisa diwakilkan? karena mengingat waktu dan biaya yang harus dikeluarkan apabila harus datang sendiri ke jogja untuk cabut berkas. terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman kemarin cabut berkas mutasi sim
      sendiri dengan membawa ktp dan sim asli. untuk
      jaga2, jika diwakilkan dengan membuat surat
      kuasa saja (materai).

      Hapus
  54. gan.mau nanya sim c saya sudah mati 1 th dari jogja rencana saya mau mutasi ke jakarta nah syarat cabut berkas dr jogja apakah hrs pakai ktp asli dr jogja karna sekrng sdh pindah ke jakarta alias ktp jogja sudah ngk punya yg ada sim c dari jogja sudah mati.
    tq sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdasarkan facebook Divisi Humas Polri,
      syarat cabut berkas mutasi sim adalah KTP
      asli tempat tinggal baru dan SIM asli yang
      masih berlaku. bagaimana jika sim mati ?
      pengalaman kemarin sim mati masih bisa
      mutasi, kemungkinan kebijakan masing-masing
      wilayah beda. silahkan dicoba dan ditunggu
      info selanjutnya.

      Hapus
  55. Kalo ktp boyolali dan sim depok apakah kalau d perpanjang harus cabut berkas dulu dari depok langsung ganti alamat ke boyolali????? Jika langsung d perpanjang di depok tapi menggunakan ktp alamat boyolali apakah langsung bisa diperpanjang tanpa harus cabut berkas...???? Mohon info nya dunk.....makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika sim ktp beda alamat atau daerah lebih baik
      mutasi sim saja ke alamat ktp, tanpa tes lagi.

      Hapus
  56. semangat ngurus sendiri mutasi sim c surabaya ke sidoarjo..stlh sampai colombo mau ambil berkas kata petugas loket "nnt kesini lagi jm 12 an ya" pdhl sy dtg pagi jm 8.40 ***budaya calo msh didukung am petugas loket**

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman kemarin mudah, gak sampai 1 jam ambil
      berkas. semoga lancar mutasi sim antar kota nya.

      Hapus
  57. saya mau tanya,,saya mau nikin sim A KTP saya tegal, tp sekarang saya bekerja di surabaya. bisa kah saya bikin SIM di surabaya? atau harus ke tegal? apa yang harus saya lakukan untuk mempermudah pembuatan SIM saya.?. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk membuat sim baru harus sesuai wilayah KTP.
      jadi harus di satpas tegal.

      Hapus
  58. Morning Bu, saya mau tanya.. E-ktp saya medan dan alamat sim saya tangerang. Jikalau saya mau perpanjang sim dengan posisi saya skr ini di tangerang.. untuk data apa yang harus saya siapkan ya? Thanx before..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya data sim disamakan dulu dengan ktp
      jika beda dengan melakukan mutasi. namun jika
      masih ingin perpanjang di tangerang silahkan
      lengkapi syarat perpanjangan sim yaitu ktp,
      sim lama, surat keterangan sehat dan asuransi
      serta bayar biaya di bank (tiga point
      terakhir dapat diurus di satpas).

      Hapus
  59. Mau tanya..klo mau cabut berkas sim dari kota asal bisa diwakilkan GA ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman cabut berkas mutasi sim dengan bawa
      ktp dan sim asli. jaga2 saja, jika diwakilkan
      dengan buat surat kuasa (materai).

      Hapus
  60. Gan ane sudah pindah alamat dan ganti KTP dari depok ke bogor, kalo mau mutasi sim harus pakai KTP yg lama apa yg baru? Thanks gan 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu syarat mutasi sim adalah KTP tujuan
      atau baru yaitu bogor.

      Hapus
  61. Mau tanya nich... apa ada batas waktu bisa proses MUTASI SIM sebelum masa berlakunya habis??? (contoh tiket KA H-30 bisa dibeli gitu)krn Bulan Agustus 2016 nanti saya berencana Mutasi SIM C dr Jember ke Sidoarjo. Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman mutasi sim antar kota kemarin lebih
      dari 3 bulan dari masa berlaku sim habis.

      Hapus
    2. maksud saya apabila masa berlaku SIM saya habis di Bulan Agustus apa bisa di proses di Bulan Juli??? terima kasih.

      Hapus
    3. untuk perpanjangan sim paling awal 14 hari
      sebelum masa berlaku habis.

      Hapus
  62. Mau tanya kalau KTP saya dgn alamat baru tapi SIM sy masih alamat KTP lama apa harus pakai prosedur mutasi apa langsung tunjukkan KTP yg alamat baru waktu perpanjang dalam 1 kotamadya... tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf belum pengalaman mutasi sim 1 wilayah kota
      atau daerah. kemarin antar provinsi.

      Hapus
  63. Samsat gre*ik mengecewakan gan.. mana ada cabut berkas jadinya 1minggu.. huft mengecewakan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman kemarin cabut berkas sim gak sampai 1
      jam selesai. semoga kedepan pelayanannya lebih
      baik

      Hapus
  64. Saya kan habis buat sim , ktp bogor tapi buat sim didepok dengan alamat bogor , gimana cara memperpanjangnya ? Apakah didepok atau dibogor ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tempat memperpanjang sim di satpas penetbit sim
      tersebut. jika sim dibuat di depok maka
      diperpanjang di depok juga.

      Hapus
  65. gan mau tanya nih, saya mau upgrade sim A ke Sim B1, tpi masalah nya KTP saya sekarang pindah alamat Surabaya, sedangkan Sim A saya masih gunakan alamat lama yaitu kota Trenggalek. jika saya cabut berkas mutasi dari Trenggalek ke Surabaya, apakah bisa disaat mutasi tadi saya langsung upgrade ke Sim B1 karena saya punya Sim A tersebut sudah 2 tahun dan masih ada masa berlaku 3 tahun lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf belum pengalaman mutasi + naik golongan sim
      langsung. silahkan konsultasikan ke satpas
      trenggalek.

      Hapus
  66. Sim saya aceh dan sudah terlambat setahun, sekarang saya pindah kejakarta gimana ya ngurusnya gan..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara mengurus mutasi dari acek ke jakarta ?
      silahkan cabut berkas sim di samsat aceh dan
      lakukan mutasi masuk ke samsat jakarta.
      proses kurang lebih seperti di artikel.

      Hapus
  67. kebetulan saya jg mau cabut berkas dari lamongan ke surabaya bsk tgl 1 agts ini soalnya sim habis tgl 11, ini sangat bermanfaat, oya utk foto kopi sim sama ktp apa ditentukan ukuranya ya, atau bebas soalnya ini saya sdh foto kopi sendiri byk, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. fotokopi biasa, seperti yang dipakai untuk
      keperluan administrasi

      Hapus
    2. Hari ini sya ke polres lamongan utk cabut berkas tp tdk seberuntung sampean nunggu 30menit selesai, saya hrs kembali lg bsk sabtu utk ambil berkasnya, hari ini cuma nyerahin foto kopi sim + ktp aja,

      Hapus
    3. gimana hasilnya? semoga lancar cabut berkas
      mutasi sim di Polres Lamongan

      Hapus
  68. Maaf mas, buat sim ditangerang kabupaten, tapi e-ktp lampung bisa gk ya,.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau membuat sim baru di satpas yang sesuai
      dengan data wilayah di KTP.

      Hapus
  69. Om sim saya bogor tp ktp sudah jakarta.tp ktp saya blm electri.kira2 bisa ga yah di mutasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. mutasi di dapat dilakukan untuk menyesuaikan
      dengan alamat di KTP

      Hapus
  70. Gan tanya dong..saya mau cabut berkas sim di daerah..sim saya habis november 2016 ini..kalau saya cabut berkas nya bulan September 2016 ini bisa ya??atau ada ketentuan H minus brp??jadi ntar november 2016 saya tinggal perpanjangnya di jakarta...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik 1-2 minggu sebelum hari H cabut
      berkasnya

      Hapus
  71. mba..mau tnya donk.
    suami sya dlu bikin sim di bandung.
    nah oktober ini sim nya udh abis masa berlaku nya mau perpanjang sim.
    tp skrg kmi sdh pindah rmh KTP Serang Banten.
    apa bsa kita perpanjang tanpa hrus ke Bandung??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya cabut berkas sim dulu di bandung
      kemudian mutasi masuk ke banten

      Hapus
  72. Gan, mau tanya, SIM C saya bekasi, sedangkan KTP sudah ganti surabaya. kalau mau cabut berkas ke bekasi tidak mungkin lagi krn kejauhan, ada cara selain cabut berkas ke alamat SIM asal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman cabut berkas dulu kemudian mutasi
      masuk sim

      Hapus
  73. Terima kasih info nya mas, sy coba besok td nya takut ribet soalnya pernah ada oknum polisi yg bilang lebih baik nembak aja daripada musti kesana kemari paling 500rb katanya, tp sy pengen sendiri sesuai sop nya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat mencoba mas dan ditunggu share nya disini

      Hapus
  74. waduh masih ribet dan memakan waktu, percuma jg dibuat sistem SIM online jika masih hrs cabut berkas di daerah asal (kata bu risma dlm kasus eKTP)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sim online masih beberapa kota, semoga segera
      terealisasi di seluruh indonesia

      Hapus
  75. Gan kalo misalnya nama ktp yg baru sama nama simnya selisih 1 huruf beda apakah masih bisa gan,makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mas, nanti diperbaiki ketika mutasi sim

      Hapus
  76. maaf gan saya mau nanya kalau bikin SIM di tasikmalaya tapi ktp nya jambi bisa gak yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa, untuk membuat sim baru di satpas
      yang sesuai wilayah di KTP

      Hapus
  77. Sy udh pindah KTP di Bekasi tp sim msih Jogja klau langsung bikin di Bekasi bsa gk?

    BalasHapus
  78. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  79. Mau tanya , saya baru perpanjang SIM C sebulan lalu. Kalau mau pindah alamat, dari jakarta timur ke jakarta selatan. Apa masih dipungut biaya perpanjangan nya juga?

    BalasHapus

Copyright @ 2013 Cara Membuat SIM. Designed by Templateism TheGlobePress | Tips Windows | Word | Photoshop | Coreldraw | Laptop