Cara Perpanjang STNK Tahunan

Cara Perpanjang STNK Tahunan. sudah menjadi kewajiban kita sebagai pemilik sepeda motor atau mobil untuk membayar pajak kendaraan. itu merupakan partisipasi kita sebagai warga negara dalam pembangunan insfrastruktur baik secara langsung maupun tidak langsung. pajak kendaraan motor atau mobil ada 2 jenis yaitu pajak stnk tahunan atau stnk 1 tahun dan pajak stnk 5 tahunan. kita dapat melakukan cara bayar stnk tahunan di mobil sim stnk keliling, kantor polisi polsek, polres, samsat. bahkan kita dapat memperpanjang stnk tahunan drive thru yang dilayani dengan cepat dan mudah.

mohon maaf pada kesempatan kali ini tidak sedang membahas tentang cara memperpanjang stnk 5 tahunan mobil atau motor dan juga tidak menjelaskan Cara Perpanjang STNK Tahunan mobil. saat ini juga tidak membahas tentang stnk hilang, online, mati kena tilang, mobil atau motor hilang, in english atau bantuan. tapi yang akan diuraikan sekarang adalah cara bayar pajak stnk tahunan motor atau syarat perpanjang stnk tahunan motor. adapun artikel yang menyebutkan syarat perpanjangan stnk 1 tahun ini merupakan pengalaman penulis ketika mengurus stnk motor telat 1 tahun seminggu atau beberapa hari yang lalu dan juga melalui drive thru.

sebagaimana telah diketahui bersama stnk adalah singkatan dari surat tanda nomor kendaraan merupakan surat tanda bukti identitas motor ketika berada di jalan raya. disamping stnk, pengguna jalan juga wajib membuat sim (surat izin mengemudi) yang merupakan bekti bahwa kita punya izin mengendarai motor atau mobil. jika kita tidak membawa stnk dan sim atau salah satunya maka kita dapat kena tilang. meskipun bertahun-tahun punya mobil atau motor terkadang masih ada orang yang tidak tahu bagaimana Cara Perpanjang STNK Tahunan karena sering nitip teman atau pembantu untuk membayar pajak stnk tahunan. padahal sekarang syarat dan cara perpanjang pajak stnk tahunan cukup mudah bahkan sekarang di beberapa tempat perpanjangan stnk tahunan tanpa BPKB (buku pemilik kendaraan bermotor).

masa berlaku stnk selama 5 tahun setelah diterbitkan dan secara berkala pemilik kendaraan wajib membayar pajak stnk tahunan. setiap 5 tahun sekali, wajib melakukan perpanjang stnk 5 tahun atau biasa disebut ganti plat nomor. adapun biaya perpanjang stnk 5 tahun dan 1 tahun tergantung pada jenis dan umur kendaraan bermotor, semakin baru usia kendaraan maka semakin mahal pajak yang harus dibayar oleh pemilik mobil atau motor. sekarang cukup mudah bagaimana proses Cara Perpanjang STNK Tahunan di surabaya, tepatnya di polsek sukolilo surabaya melalui drive thru dan melalui loket. daftar alamat kantor polisi surabaya dapat di download di akhir tutorial ini.
Cara Perpanjang STNK 1 Tahun
form perpanjang stnk 1 tahun

Cara Perpanjang STNK Tahunan

hari ini akan dijelaskan cara perpanjang stnk drive thru dan jalur umum melalui loket untuk motor di polsek sukolilo surabaya tanpa BPKB.

Cara Perpanjang STNK Drive Thru
adapun syarat perpanjang stnk tahunan motor melalui drive thru adalah KTP asli dan stnk asli serta bpkb asli. ingat, nama di ktp harus sama dengan data di stnk dan bpkb. jika nama pemilik ktp berbeda dengan stnk dan bpkb maka ditolak dan harus membawa kendaraan yang dibayarkan pajaknya karena jika memakai kendaraan lain maka juga ditolak bayar di drive thru. adapun biaya pajak stnk sesuai dengan jenis dan umur kendaraan. Cara Perpanjang STNK Tahunan melalui drive thru sangat cocok bagi siapa saja yang sibuk karena hanya butuh antri 5 sampai 15 menit sudah dapat bayar pajak kendaraan tepat waktu.

Cara Perpanjang STNK Tahunan Telat
karena tidak membawa motor yang telat 1 minggu dari tanggal jatuh tempo pembayaran pajak, maka alternatifnya bayar stnk tahunan melalui loket. karena telat meski beberapa hari saja, cara perpanjang stnk 1 tahun wajib menunjukkan surat kuasa dari pemilik kendaraan bermotor selain KTP dan STNK asli sebagai syarat perpanjangan stnk 1 tahun. jadi syarat perpanjang stnk motor 1 tahun yang telat melalui loket adalah KTP dan STNK asli pemilik kendaraan dan surat kuasa. namun jika pemilik kendaraan membayar sendiri maka tidak diperlukan surat kuasa. file word surat kuasa dapat di unduh di akhir postingan ini sehingga teman-teman dapat memakai sesuai dengan kebutuhan.
Cara Perpanjang STNK 1 Tahun
contoh surat kuasa perpanjang stnk 1 tahun
sekali lagi maaf jika artikel Cara Perpanjang STNK Tahunan tidak memberikan solusi buat teman-teman yang membutuhkan info bagaimana cara perpanjang stnk 5 tahunan mobil atau motor, motor kredit, mobil masih kredit, pindah alamat atau mobil leasing serta pajak stnk telat 1 tahun dan biaya stnk mati 1 tahun. namun jika anda ingin tahu cara hitung denda stnk yang telat bayar pajak silahkan baca tutorial cara menghitung denda pajak motor sebelumnya.

demikian posting Cara Perpanjang STNK Tahunan dan dan baca Juga Cara Menghilangkan Password PDF Tanpa Software. selamat mencoba!

downoad surat kuasa perpanjangan stnk dan polsek

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Perpanjang STNK Tahunan"

  1. Detail sekali ulasan tentang stnk kebetulan saya juga baru punya pengalaman perpanjang stnk lewat drive thru, terimakasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih juga sudah mampir di artikel cara
      perpanjangan stnk mobil atau motor

      Hapus